Sikap Menghargai Waktu

Assalamu’alaikum..
Terimakasih sudah mampir.
Kali ini saya akan berbagi tips tentang mengatasi situasi ditempat kerja dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan sesuai dengan pengalaman saya.
Selamat Membaca >.<

Waktu adalah hal yang tidak bisa diulang kembali, maka itu kita harus bisa memanfaatkan waktu secara baik dan menggunakan waktu yang ada untuk sesuatu yang bermanfaat. Untuk itu dibutuhkan sikap yang benar dalam menghargai waktu. Untuk itu, dalam tulisan ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya mengenai sikap menghargai waktu.

Menghargai waktu dengan cara memulai kegiatan tepat waktu.
Pertama-tama perkenalkan nama saya Fania Aisyah Puspa Chairani. Sikap menghargai waktu yang saya terapkan pada diri saya yang pertama adalah memulai rutinitas dengan tepat waktu. Misalnya, memulai hari dengan bangun pagi hari dan dilanjutkan dengan kegiatan lainya. Ini saya lakukan dengan tujuan agar kegiatan saya selama sehari itu tidak terlambat atau keteteran.

Solat tepat waktu.
Selain dengan memulai kegiatan tepat waktu, solat tepat waktu juga termasuk cara yang tepat untuk menghargai waktu. Waktu yang kita miliki untuk hidup di dunia ini adalah pemberian dari Allah SWT. Jadi haruslah kita berterimakasih atas waktu yang diberikan kepada kita dengan cara solat tepat waktu. Jika kita dapat menjalankan solat tepat waktu, InsyaAllah kita dapat melakukan kegiatan lainnya tepat waktu juga.

Memperhitungkan lamanya perjalanan yang akan ditempuh.
Untuk dapat menjalankan kegiatan tepat waktu kita harus punya perhitungan yang baik, dalam hal ini adalah perhitungan mengenai waktu. Misalnya untuk pergi ke suatu tempat, biasanya saya memperhitungkan terlebih dahulu lamanya perjalanan yang dibutuhkan. Ini bertujuan untuk menentukan jam berapa saya harus berangkat dan kapan perkiraan saya akan tiba dilokasi tujuan. Hal ini sangat membantu saya agar tidak terlambat sampai ke suatu tempat.

Biasakan datang tepat waktu
Datang tepat waktu adalah cara yang baik untuk menghargai waktu. Saya terbiasa untuk datang tepat waktu. Misalnya, untuk datang ke sekolah, datang ke kampus, atau datang ke suatu acara, saya terbiasa datang tepat waktu. Ketika ada janji dengan siapapun saya juga terbiasa untuk tepat waktu. Saya tidak akan datang lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan, tapi setidaknya saya juga tidak mau datang terlambat.

Tidak membuang-buang waktu.
Membuang-buang waktu adalah suatu kebodohan yang biasa kita lakukan tanpa disengaja. Misalnya, ketika ada janji atau acara kita biasa dengan sengaja melambat-lambatan diri untuk datang tepat waktu. Saya tidak suka membuang-buang waktu atau menunggu lama, maka itu saya juga tidak ingin membuat orang menunggu lama bila ada janji.

Saran yang dapat saya berikan kepada para pembaca sekalian adalah,
  • Hargailah waktu dengan cara memulai kegiatan tepat waktu. Ini bertujuan agar kegiatan anda selama sehari itu tidak terlambat atau keteteran.
  • Solatlah tepat waktu. Ini adalah salah datu cara untuk berterimakasih pada Allah SWT atas waktu yang diberikan.
  • Perhitungkanlah lamanya perjalanan yang akan anda tempuh. Hal ini sangat membantu anda agar tidak terlambat sampai ke tujuan.
  • Biasakanlah datang tepat waktu. Ini adalah cara yang baik untuk menghargai waktu.
  • Jangan membuang-buang waktu. Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, sebaiknya manfaatkanlah waktu yang anda miliki dengan baik.
Sekian pengalaman yang dapat saya bagikan kepada para pembaca sekalian.
Semoga dapat bermanfaat baik bagi diri saya sendiri dan para pembaca sekalian. Terimakasih.

Komentar

Postingan Populer