Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis
Assalamu’alaikum.
Chingu
jumpa lagi yah^^
Kali
ini kita akan membahas tentang Pengaruh
Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis.
Selamat Membaca >.<
================================================================
Keberadaan desain pemodelan grafis sangatlah
dipengaruhi oleh budaya dan teknologi yang berkembang di masyarakat. Salah
satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk desain grafis
berasal dari budaya yang ada di lingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya
Indonesia digunakan sebagai desain grafis, contohnya adalah kerajinan kain
daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah, dan masih banyak lainnya.
Kerajinan tradisional daerah merupakan
warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk dijadikan
sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafis. Dengan
semakin berkembangnya teknologi, maka semakin mudah bagi generasi muda saat ini
untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang relatif singkat dan
banyak desain yang akan dihasilkan, sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan
segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam
desain pemodelan grafis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran
yang dimainkan oleh budaya, subbudaya, dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah
penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya
merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang
dipelajari oleh seseorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting
lainnya.
Setiap budaya terdiri dari subbudaya lainnya
yang lebih kecil dan memberikan indentifikasi dan sosialisasi yang lebih
spesifik untuk para anggotanya. Subbudaya dapat dibedakan menjadi kelompok
nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, dan area geografis. Sehingga
subbudaya membentuk segmen pasar yang penting dan pemasar sering kali
diharuskan merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan
kebutuhan konsumen.
A. Bidang Studi yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis
1.
Psikologi
Perilaku dan kognitif dikonsentrasikan dengan
pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif, dan keahlian mengontrol
motorik. Uuntuk mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan
pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap
pengguanaan manusia, pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal
untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia dan
komputer.
2. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek
fisik dari pencocokan mesin ke manusia, serta didukung suatu data antropometrik
yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan
ketik komputer, dan layar monitor dengan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
3.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan
dengan studi dari pengaruh sistem manusia dengan komputer pada struktur
lingkungannya.
4.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan
dengan studi dari interaksi manusia dengan komputer. Dimana interaksi ini
dipengaruhi oleh teknologi yang ada, contohnya pada kantor. Antropologi dapat
menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim
dengan sistem komputer. Contohnya tim kerja desain, kelompok penulis, dan
lain-lain.
5.
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia dengan komputer secara
definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu
merupakan “bahasa alami”, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis
menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu bahasa adalah
pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa
teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, serta digunakan secara luas
dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia dengan komputer. Teori
komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan “Prinsip
Usaha Manusia Terakhir” (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu
bahasa, ilmu komputer, dan teknik elektronika.
B. Manfaat Desain Pemodelan Grafis
1.
Budaya
Desain pemodelan grafis dalam hal hal budaya
dapat diliat pada pahatan batu-batu candi di Indonesia, tenun, dan desain
gambar pada batik.
Pada pahatan batu-batu candi, biasanya
terdapat gambar-gambar mengenai kehidupan manusia pada masa lalu atau kisah
mengenai sejarah candi tersebut. Sedangkan untuk batik, gambar yang disediakan
berasal dari binatang, tanaman, bahkan hingga bentuk manusia, awan, relief, dan
logo tim sepak bola. Jadi, dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafis pada
bidang budaya berguna untuk menggambarkan sejarah dan nilai seni dalam budaya
tersebut.
2.
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan
untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power
point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan
siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan, tidak hanya
teori saja tetapi dapat pula melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat
berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, susunan
tubuh manusia, dan sebagainya.
3.
Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua
acara hiburan di televisi banyak menggunakan grafik komputer. Mulai dari film
kartun, iklan, sampai sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.
Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin
menarik.
4.
Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan
untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya
digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan, dan
lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.
Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama
seperti aslinya.
5.
Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya,
terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana
desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni, dan
masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk
desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek
mereka.
Disusun oleh:
Fania Aisyah Puspa
Chairani
Berdasarkan Sumber:
================================================================
Terimakasih sudah mampir
..
Wassalamu’alaikum..
Komentar
Posting Komentar