Karakter 3D Menggunakan Blender 2.72

Assalamu’alaikum..
Terimakasih sudah mampir.
Kali ini kita akan membahas tentang Karakter 3D Menggunakan Blender 2.72.
Selamat Membaca >.<
================================================================
Mari kita membuat karakter animasi 3D. Disini saya membuat sebuah karakter ulat.
Saya menggunakan Blender versi 2.72 untuk membuat objek ulat.
Tahap awal dimulai dengan menambahkan  objek UV Sphere dengan cara mengetik Shift + A kemudian pilih Mesh. Seperti ini tampilan objeknya :
Setelah objek terbentuk, maka langkah selanjutnya adalah menarik objek agar objek akan terlihat memanjang dengan cara menyeleksi setengah lingkaran pada bagian atau bawah saja.
 Caranya masuk pada mode Edit Mode dan Mode Wireframe, lalu ketik B untuk memblog setengah bagian pada UV Sphere, kemudian ketik tombol G untuk menarik bagian tersebut sesuai dengan sumbu Z. Berikut adalah tampilan hasilnya :
Tahap selanjutnya adalah memberikannya tulang atau kerangka agar objek dapat bergerak dengan cara mengetik Shift + A, pilih Armature kemudian pilih Single Bone, maka secara otomatis akan muncul objek berbentk tulang.
Berikutnya, seleksi tulang tersebut dan masuk pada bagian Edit Mode agar kita dapat membaginya menjadi beberapa bagian yaitu dengan cara Scale tulang tersebut sampai ukurannya sebesar ukuran objek yang telah kita bentuk, kemudian ketik W lalu pilih Subdivide hingga tulang terbentuk menjadi 4 buah seperti tampilan berikut :
Jika tulang telah terbagi menjadi 4 buah dan telah disesuaikan maka proses selanjutnya adalah menggabungkan objek dengan tulang agar seluruh objek dapat terhubung. Pertama – tama kita keluar dari tampilan Edit Mode dan masuk pada tampilan Objek Mode, seleksi objek tersebut kemudian seleksi tulangnya, lalu ketik Ctrl + P dan pilih With Automatic Weights, maka tulang dan objek telah menjadi satu atau dengan kata lain telah terhubung. Berikut adalah tampilannya :
Terihat pada tampilan diatas warna tulang tampak lebih cerah ketimbang warna objek, artinya tulang sebagai objek yang akan didahulukan atau bisa dikatakan objek utamanya(Parent) sedangkan objek UV Sphere sebelumnya merupakan objek yang akan mengikuti objek utama (Child). Ini disebabkan penyeleksian yang diawal adalah objek UV Sphere kemudian dilanjutkan dengan menyeleksi objek Bone nya.
Jika telah selesai melakukan tahap tersebut, kemudian seleksi Bone atau tulangnya untuk masuk pada tampilan Pose Mode agar kita dapat mengetahui apakah tulang dengan objek telah terhubung dengan baik dengan cara menggerakkan tulangnya . Berikut adalah tampilannya :
Disini saya menambahkan beberapa komponen UV Sphere untuk membuat bola matanya, ubah tampilannya menjadi tampilan Right atau dengan mengetik Numpad 3 dan Rotasikan -90 derajat, lalu seleksi bola matanya dan badanya, kemudian ketik Ctrl + J untuk digabungkan agar saat digerakkan komponen tersebut tidak terpisah. Berikut adalah hasilnya :
Setelah objek tergabung, saya akan menduplikasi bola matanya untuk membuat Kelopak Mata dengan mengetik Shift + D lalu seleksi seluruh Edge pada bagian tengah objek dan ketik V untuk memotong atau membelah bagian tersebut menjadi dua. Rotasikan bagian setengah lingkaran yang bawah mengarah sedikit kebawah, lalu sesuaikan dengan objek Bola Mata sebelumnya, setelah itu gabungkan objek Kelopak Mata dengan objek Badan dengan mengetik Ctrl + J. Berikut adalah tampilannya :

Setelah selesai, beri warna pada Material sesuai dengan kebutuhan kemudian Render objek yang telah dibuat, maka tampilan akhirnya kurang lebih akan menjadi seperti ini :

Disusun oleh:
Fania Aisyah Puspa Chairani
Berdasarkan Sumber:
http://zamiintelligent.heck.in/membuat-karakter-manusia-di-blender-3d.xhtml
https://puspariniayublog.wordpress.com/software/blender/karakter-animasi-dengan-blender/
http://www.academia.edu/10111869/Tutorial-membuat-karakter-manusia-di-blender
http://shareilmu-komputer.blogspot.co.id/2014/01/membuat-karakter-minion-menggunakan.html
================================================================
Terimakasih sudah mampir ..
Gamsahamnida^^
Wassalamu’alaikum..

Komentar

Postingan Populer