Karakter 3D Menggunakan Blender 2.72
Assalamu’alaikum..
Terimakasih sudah mampir.
Kali ini kita akan membahas tentang Karakter 3D Menggunakan Blender 2.72.
Selamat Membaca >.<
================================================================
Mari kita membuat karakter animasi 3D. Disini saya membuat sebuah karakter ulat.
Saya menggunakan Blender versi 2.72 untuk membuat objek ulat.
Tahap awal dimulai dengan menambahkan objek UV Sphere dengan cara mengetik Shift +
A kemudian pilih Mesh. Seperti ini tampilan objeknya :
Setelah objek terbentuk, maka langkah
selanjutnya adalah menarik objek agar objek akan terlihat memanjang dengan cara
menyeleksi setengah lingkaran pada bagian atau bawah saja.
Caranya masuk pada mode Edit Mode dan Mode
Wireframe, lalu ketik B untuk memblog setengah bagian pada UV Sphere, kemudian
ketik tombol G untuk menarik bagian tersebut sesuai dengan sumbu Z. Berikut
adalah tampilan hasilnya :
Tahap selanjutnya adalah memberikannya
tulang atau kerangka agar objek dapat bergerak dengan cara mengetik Shift + A,
pilih Armature kemudian pilih Single Bone, maka secara otomatis akan muncul
objek berbentk tulang.
Berikutnya, seleksi tulang tersebut dan
masuk pada bagian Edit Mode agar kita dapat membaginya menjadi beberapa bagian
yaitu dengan cara Scale tulang tersebut sampai ukurannya sebesar ukuran objek
yang telah kita bentuk, kemudian ketik W lalu pilih Subdivide hingga tulang
terbentuk menjadi 4 buah seperti tampilan berikut :
Jika tulang telah terbagi menjadi 4 buah
dan telah disesuaikan maka proses selanjutnya adalah menggabungkan objek dengan
tulang agar seluruh objek dapat terhubung. Pertama – tama kita keluar dari
tampilan Edit Mode dan masuk pada tampilan Objek Mode, seleksi objek tersebut
kemudian seleksi tulangnya, lalu ketik Ctrl + P dan pilih With Automatic
Weights, maka tulang dan objek telah menjadi satu atau dengan kata lain telah
terhubung. Berikut adalah tampilannya :
Terihat pada tampilan diatas warna tulang
tampak lebih cerah ketimbang warna objek, artinya tulang sebagai objek yang
akan didahulukan atau bisa dikatakan objek utamanya(Parent) sedangkan objek UV
Sphere sebelumnya merupakan objek yang akan mengikuti objek utama (Child). Ini
disebabkan penyeleksian yang diawal adalah objek UV Sphere kemudian dilanjutkan
dengan menyeleksi objek Bone nya.
Jika telah selesai melakukan tahap
tersebut, kemudian seleksi Bone atau tulangnya untuk masuk pada tampilan Pose
Mode agar kita dapat mengetahui apakah tulang dengan objek telah terhubung
dengan baik dengan cara menggerakkan tulangnya . Berikut adalah tampilannya :
Disini saya menambahkan beberapa komponen
UV Sphere untuk membuat bola matanya, ubah tampilannya menjadi tampilan Right
atau dengan mengetik Numpad 3 dan Rotasikan -90 derajat, lalu seleksi bola
matanya dan badanya, kemudian ketik Ctrl + J untuk digabungkan agar saat
digerakkan komponen tersebut tidak terpisah. Berikut adalah hasilnya :
Setelah objek tergabung, saya akan
menduplikasi bola matanya untuk membuat Kelopak Mata dengan mengetik Shift + D
lalu seleksi seluruh Edge pada bagian tengah objek dan ketik V untuk memotong
atau membelah bagian tersebut menjadi dua. Rotasikan bagian setengah lingkaran
yang bawah mengarah sedikit kebawah, lalu sesuaikan dengan objek Bola Mata
sebelumnya, setelah itu gabungkan objek Kelopak Mata dengan objek Badan dengan
mengetik Ctrl + J. Berikut adalah tampilannya :
Setelah selesai, beri warna pada Material
sesuai dengan kebutuhan kemudian Render objek yang telah dibuat, maka tampilan
akhirnya kurang lebih akan menjadi seperti ini :
Disusun oleh:
Fania Aisyah Puspa
Chairani
Berdasarkan Sumber:
http://zamiintelligent.heck.in/membuat-karakter-manusia-di-blender-3d.xhtml
https://puspariniayublog.wordpress.com/software/blender/karakter-animasi-dengan-blender/
http://www.academia.edu/10111869/Tutorial-membuat-karakter-manusia-di-blender
http://shareilmu-komputer.blogspot.co.id/2014/01/membuat-karakter-minion-menggunakan.html
================================================================
Terimakasih sudah
mampir ..
Gamsahamnida^^
Wassalamu’alaikum..
Komentar
Posting Komentar